Cara Gampang Menjadi Seller di Blibli.com ini persyaratannya!



Jika kamu ingin memperluas bisnis kamu yang sudah kamu miliki ke dunia bisnis online, tapi tidak mau ribet, kamu bisa melakukannya dengan berjualan online di platform e-commerce, salah satunya adalah blibli.com.

Nah, situs e-commerce Blibli.com ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin memperluas bisnis kamu di dengan cara berjualan secara online.

lalu apa saja persyaratan, dan bagaimana cara daftar online shop ? di blibli.com ini.

Dibawah ini ada langkah-langkah agar kamu bisa berjualan secara online di Blibli.com:


1. Membuat Akun

Untuk kamu yang ingin membuat akun penjual di Blibli.com, Kamu harus sudah menyiapkan beberapa Informasi pribadi kamu di antaranya, nama lengkap, email yang masih aktif, password, nomor handphone yang masih aktif, dan nama toko kamu yang akan didaftarkan

Dan jangan lupa, gunakan nomor handphone pribadi kamu untuk seller perorangan, dan jika kamu ingin mendaftarkan atas nama perusahaan, maka kamu di haruskan untuk memasukkan nomor handphone penanggung jawab, dan tentunya masih aktif, untuk mendapatkan kode verifikasi di saat pendaftaran dilakukan. 

Setelah semua informasi itu sudah ada, Anda bisa mengikuti tahapan berikut:




Kunjungi laman resmi seller Blibli.com yang bisa kamu klik pada tautan di ini https://seller.blibli.com/mulai-berjualan jika kamu sudah membuka halaman tersebut, maka kamu akan di beri dua pilihan.

kamu bisa memilih apakah ingin menjadi seller dari indonesia, atau ingin menjadi seller internasional, jika kamu sudah memastikan akan menjadi seller yang mana, kamu tinggal mengklik tautan "Daftar Sebagai Seller" yang sudah disediakan oleh pihak blibli.com, jika sudah, maka kamu akan diarahkan kehalaman husus untuk melakukan pendaftaran, lalu kamu tinggal memasukkan informasi pada masing-masing kolom yang sudah disediakan dan ketika semua sudah terisi klik "Daftar"


2. Lengkapi Informasi toko kamu dan Menayangkan Produk

jika akun kamu sudah terdaftar, Kamu akan diminta untuk menyelesaikan tiga langkah Onboarding untuk menjadi Seller Baru, 

diantaranya yaitu:


Kamu menambahkan seluruh informasi terkait dengan toko kamu dan gudang jika ada,

Dan melengkapi Informasi pembayaran kamu dan tentunya legal. Kamu akan diminta untuk upload dokumen yang di butuhkan yaitu nomor rekening yang valid, KTP & NPWP (untuk seller personal), atau KTP Direksi, NPWP Perusahaan, beserta Akta Pendirian + SK Menkeh, Akta Perubahan, Surat Domisili, SIUP, TDP (untuk seller perusahaan atau PT).

Jika kamu tidak menyelesaikan pada tahap ini, Kamu tidak dapat merespon jika ada pesanan dari pembeli yang masuk.

Nah, setelah itu, Kamu kini bisa melakukan penayangan produk kamu ke platform e-commerce Blibli yang dapat dilakukan melalui Blibli Seller Center. Ada bermacam-macam cara untuk menayangkan produk kamu yaitu secara satuan dan juga massal (bulk).

Nah, jika Kamu sudah mengikuti instruksi yang ada di atas, kini kamu tinggal menunggu pesanan dari pembeli yg sudah masuk ke toko Online kamu.


Untuk Informasi Lain yang Perlu Diketahui Penjual


Dilansir dari laman resmi Blibli.com, ada beberapa informasi yang harus kamu ketahui oleh penjual yang sudah berjualan di platform e-commerce ini, di antaranya adalah:


1. Ketentuan Berjualan

Sebelum kamu mulai menayangkan produk di platform Blibli, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti ketentuan produk yang dilarang untuk dijual karena Blibli menjamin keaslian produk yang ingin dibeli oleh pihak pembeli.

2. Fasilitas Gratis Berjualan di Blibli.com

Fasilitas berjualan secara online di Blibli.com dapat kamu gunakan tanpa harus membayar biaya apapun. Dan Apa saja fasilitas gratis ini? Mulai dari foto produk gratis, tambah user PIC gratis, dan masih banyak lagi.

3. Menambahkan Akun User PIC atau Admin Toko

Jika akun toko Anda dikelola oleh beberapa orang (admin toko), lebih baik masing-masing orang mempunyai akun tersendiri untuk akses ke Blibli Seller Center. Anda dapat menambahkan PIC toko langsung di Blibli Seller Center tanpa ada batasan maksimal akun.

4. Membaca Kontrak dan Margin/Komisi

Kebijakan berjualan di Blibli telah tercantum di Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dapat Anda unduh di Blibli Seller Center. Selain itu, setiap transaksi di Blibli terdapat komisi penjualan yang berbeda untuk setiap kategori produk.

5. Merespon Pesanan

Segera respon pesanan pembeli sesuai proses yang disesuaikan dengan tipe pengiriman produk. Untuk diketahui, setiap pengiriman pesanan di Blibli berbeda-beda tergantung dari tipe produk yang dijual.


Ada 3 macam tipe pengiriman, yaitu Reguler, Shipment by Merchant, dan No Shipment. Agar lebih mudah merespon pesanan customer, Anda dapat mempelajari selengkapnya melalui Pusat Edukasi di laman resmi Blibli.com.

6. Jadwal Pembayaran

Setelah Anda mengirimkan pesanan ke pembeli, langkah selanjutnya adalah mengetahui kapan order tersebut dibayarkan bukan? Sesuai ketentuan berjualan di Blibli, pembayaran dilakukan setelah pesanan diterima oleh pembeli dan akan dilakukan transfer ke rekening terdaftar sesuai periode yang ditetapkan.

Cara Gampang Menjadi Seller di Blibli.com ini persyaratannya! Cara Gampang Menjadi Seller di Blibli.com ini persyaratannya! Reviewed by Samapi on April 14, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.